Rabu, 21 April 2010

BAB 3 MACAM-MACAM KOMUNIKASI

BAB 3

MACAM-MACAM KOMUNIKASI

1. Komunikasi Menurut Cara Penyampaian

Pada dasarnya setap orang dapat berkomunikasi satu sama lainnya karena manusia selain mahluk individu juga sekaligus mahluk sosial yang memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi.

Menurut cara penyampaian nya komunikasi dibedakan menjadi :

a. Komunikasi Lisan

· Yang terjadi secara langsung dan tidak dibatasi jarak, di mana kedua belah pihak saling bertemu muka.

· Yang terjadi tidak secara langsung dan dibatasi oleh jarak. Misalnya komunikasi lewat telpon.

b. Komunikasi Tertulis

· Dilakukan dalam bentuk surat dan dipergunakan dalam bentuk yang singkat.

· Naskah, yang dipergunakan untuk menyampaikan berita yang bersifat komplek.

· Blangko-blangko, yang dipergunakan untuk menyampaikan berita dalam suatu daftar

· Gambar atau foto, yang tidak dapat dilukiskan dalam kata-kata.

· Spanduk, yang dipergunakan untuk menyampaikan informasi kepada orang banyak.

2. Komunikasi Menurut Perilaku

Menurut perilaku komunikasi dapat dibedakan menjadi :

1. Komunikasi Formal

Komunikasi yang terjadi diantara anggota organisasi/perusahaan yang tata caranya telah diatur dalam struktur organisasinya.

2. Komunikasi Informal

Komunikasi yang terjadi didalam suatu organisasi atau perusahaan yang tidak ditentukan dalam struktur organisasi dan tidak dapat pengakuan resmi yang tidak berpengaruh pada kepentingan perusahaan.

3. Komunikasi Nonformal

Komunikasi yang terjadi antara komunikasi yang bersifat formal dan informal, yaitu komunikasi yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas pekerjaan organisasi atau perusahaan yang bersifat pribadi anggota organisasi atau perusahaan tersebut.

3. Komunikasi Menurut Maksud Komunikasi

Menurut maksud dilakukan komunikasi dapat dibedakan sebagai berikut :

· Berpidato

· Memberi ceramah

· Memberi prasaran

· Wawancara

· Memberi perintah atau tugas

4. Komunikasi Menurut Ruang lingkup

Dalam ruang lingkup komunikasi dapat dibedakan menjadi :

1. Komunikasi Internal

Komunikasi yang berlangsung dalam ruang lingkup atau lingkungan organisasi atau perusahaan yang terjadi diantara anggota organisasi atau perusahaan tersebut saja.

2. Komunikasi Eksternal

Komunikasi yang berlangsung antara organisasi atau perusahaan dengan pihak masyarakat yang ada diluar organisasi atau perusahaan tersebut.

5. Komunikasi Menurut Aliran Informasi

Komunikasi Menurut aliran informasi dapat dibedakan menjadi :

1. Komunikasi satu arah (Simplex)

Komunikasi yang berlangsung pada satu pihak saja.

2. Komunikasi dua arah

Komunikasi yang bersifat timbal balik.

3. Komunikasi keatas

Komunikasi yang terjadi dari bawahan ke atasan.

4. Komunikasi kebawah

Komunikasi yang terjadi dari atasan ke bawahan.

5. Komunikasi ke samping

Komunikasi yang terjadi diantara orang yang memiliki kedudukan sejajar.

6. Komunikasi Menurut Jaringan Kerja

Komunikasi menurut jaringan kerja dapat dibedakan menjadi :

1. Komunikasi Jaringan Antar Kerja

Komunikasi yang terjadi menurut jaringan hirarki organisasi dengan jaringan komando sehingga mengikuti pola komunikasi yang dianjurkan oleh perusahaan.

2. Komunikasi Jaringan Kerja Lingkaran

Komunikasi yang terjadi melalui saluran komunikasi yang berbentuk seperti lingkaran.

3. Komunikasi Jaringan Bintang

Komunikasi yang terjadi melalui satu sentral dan biasanya saluran yang dilalui lebih pendek.

7. Komunikasi Menurut Peranan Individu

Dalam komunikasi ini peranan individu sangat mempengaruhi keberhasilan proses komunikasinya. Ada beberapa macam antara lain:

1. Komunikasi antar individu dengan individu yang lain

Komunikasi ini terlaksana baik secara nonformal maupun informal, yang jelas individu yang bertindak sebagai komunikator harus mampu mempengaruhi perilaku individu yang lain.

2. Komunikasi antar individu dengan lingkungan yang lebih luas

Komunikasi ini terjadi karena individu ini mempunyai kemampuan yang tinggi untuk menyelenggarakan hubungan dengan lingkungan yang lebih luas.

3. Komunikasi antar individu dengan dua kelompok atau lebih

Dalam komunikasi ini individu berfungsi sebagai perantara antara dua kelompok atau lebih.

8. Komunikasi Menurut Jumlah Yang Kerkomunikasi

Jumlah orang yang berkomunikasi mempengaruhi proses komunikasi itu sendiri. Untuk itu dapat dibedakan menjadi :

1. Komunikasi Perseorangan

Komunikasi yang terjadi antara perseorangan, antara pribadi dengan pribadi tentang masalah yang pribadi juga.

2. Komunikasi Kelompok

Komunikasi yang berlangsung dalam suatu kelompok tentang suatu masalah yang menyangkut kepentingan orang banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar